7 Mei 2016

Mentawai dengan Keindahan Pantainya

Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan UU RI No. 49 Tahun 1999 dan dinamai menurut nama asli geografisnya. Kabupaten ini terdiri dari 4 kelompok pulau utama yang berpenghuni[6] yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan yang dihuni oleh mayoritas masyarakat suku Mentawai

Ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah Tuapeijat yang terletak di Kecamatan Sipora Utara. Untuk mencapai ibukota Propinsi Sumatera Barat, Kota Padang, umumnya ditempuh dengan transportasi laut. Transportasi darat masih terbatas di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Transportasi udara juga ada tetapi aksesnya masih terbatas. Transportasi Udara hanya untuk penerbangan dari Rokot ke Kota Padang, sementara untuk akses ke tempat lain belum tersedia.

Salah satu spot selancar yang bagus adalah Macaroni Resort, banyak touris manca negara yang berkunjung ke daerah ini. Dari 400 titik selancar, 23 titik diantaranya memiliki ombak berskala internasional. Daerah tersebut antara lain di daerah Nyang-Nyang, Karang Bajat, Karoniki, Pananggelat dan Mainuk (Pulau Siberut), Katiet Basua (Pulau Sipora) dan Pagai Utara (Pulau Sikakap). Setiap tahunnya, Kepulauan Mentawai ditunjuk sebagai penyelenggara World Champions Surfing Series atau Seri Kejuaraan Dunia Selancar Air yang dijadwalkan tiap bulan Agustus.

Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon