7 Mei 2016

Panen Durian Telah Tiba

Durian adalah tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Namun, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah Durian Khas di daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Durian di Mentawai ini tergolong unik, dengan variasi rasa dan bentuknya. 

Saat Musim durian tiba, maka durian di mentawai sangat banyak. Umumnya masyarakat menjual dengan harga murah. jika kapal ferry dari padang tiba, maka masyarakat akan berbondong-bondong datang menjual durian karena harga jual yang lumayan bagus. contohnya di Pulau Pagai Utara Selatan.

Salah satu kearifan lokal di Kabupaten Kepulauan Mentawai khususnya di Pagai adalah, masyarakat sama-sama memanen durian dan dibagi rata dengan keluarga. selebihnya di jual ke pasar. Pohon durian di salah satu desa juga dapat di panen sama-sama warga desa. kearifan ini masih dipertahankan sampai sekarang. 

Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon