7 Mei 2016

Panen jeruk Di Kabupaten Simalungun

Kabupaten Simalungun merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, dengan ibukota Kabupaten di Raya. Sebelumnya ibukota Kabupaten di Siantar, yang merupakan Salah Satu kota madya di Sumatera Utara. Kabupaten ini merupakan daerah pertanian yang luas, dengan sebagain kontur tanah yang landai, maka jika berkunjung ke Simalungun banyak dijumpai daerah perkebunan Kelapa sawit, karet dan teh. tanah yang subur dan sistem pertanian yang mulai maju, masyarakat simalungun sebagian besar bermata pencaharian petani. Salah satu hasil taninya adalah buah Jeruk.

Buah jeruk (Citrus aurantium) jadi primadona tanaman di daerah Raya. Bertani jeruk manis memang membutuhkan modal yang besar dan harus menggunakan pestisida, supaya melindungi tanaman dari hama lalat buah, dan hama daun. dengan bertani jeruk masyarakat dapat terbantu perekonomiannya. Akhir-akhir ini masyarakat mengeluh dengan gangguan hama pada tanaman Jeruk ini, oleh sebab itu dibutuhkan penggunaan pestisida yang seimbang demi keberhasilan panen petani.

Selain Jeruk, produk unggulan pertanian lainnya adalag berupa jagung, Kopi, Sawah dan cabe. semua produk pertanian unggulan dari Simalungun ini dipasarkan ke kota Siantar, Medan, Pekanbaru, Padang.Sedangkan Kopi Simalungun dipasarkan hingga keluar Negeri.

Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon