28 September 2016

Perpisahan Guru SM-3T dengan SMA N 1 Lurang


Program SM-3T adalah program Pemerintah Pusat untuk mengisi kekurangan Guru di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T). Negara Indonesia yang merupakan Negara Kepulauan, maka masih banyak daerah pulau-pulau kecil berpenduduk membutuhkan tenaga pendidik. Sejak program ini dirilis oleh Risterdikti, sudah menghasilkan ribuan alumni. Sebaran Guru SM-3T Mulai dari Sabang sampai Merauke. Para guru SM3T akan dikirim ke daerah tertinggal selama setahun, dan mengajar di daerah tersebut. Para guru juga harus dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Satu hal yang menjadi tantangan di daerah 3T adalah kekurangan Sarana dan Prasarana. Baik itu telekomunikasi, Listrik, dan Transportasi. Begitu juga di Sekolah, Sekolah yang sederhana. Disekolah kita harus bisa mengajar dengan kreatif, bahkan memanfaatkan apa yang ada disekitar sebagai media pembelajaran. 

Perpisahan Guru SM3T di Desa Lurang, Pulau Wetar Kabupaten Maluku Barat Daya sungguh mengharukan. Para Siswa/i merasa kehilangan gurunya yang mereka anggap sudah nyaman selama setahun. Para siswa banyak yang menangis dengan detik-detik keberangkatan guru SM-3T ke Padang. Bahkan siswa yang terkenal nakal di sekolah menangis dengan keberangkatan Guru SM3T. 

Satu kata yang sulit penulis lupakan dari para siswa adalah "Trimakasih Bapak Ibu Guru yang sudah mendidik kami walaupun kami sering Kepala Batu". Istilah kepala batu di daerah maluku berarti keras kepala, dan membangkang. Tetapi satu hal yang unik di daerah maluku adalah masyarakatnya yang ramah. Setiap pagi  jalan ke sekolah dan berpapasan dengan siswa atau orang tua, selalu menegur dengan sapaan " Selamat Pagi Pak Guru". Sapaan ini hanya sering kita jumpai di daerah maluku, Maluku Manise atau Tanah Maluku yang Ramah.

Diakhir kegiatan perpisahan, para guru SM3T menasehati dan memotivasi peserta didik supaya tetap rajin belajar. Menggapai cita-cita, agar kelak dapat menjadi orang yang sukses. Saat ini para guru SM3T sedang melanjutkan Kuliah Pendidikan Profesi Guru. Bahkan bagi yang sudah selesai PPG sedang mengikuti program Guru Garis Depan.


Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon