27 September 2016

Pesona " Gunung Kerbau " , Pulau Moa. Kabupaten Maluku Barat Daya

Pulau Moa Merupakan salah satu pulau di Kabupaten Maluku Barat Daya. Dengan Ibukota di Tiakur, yang mekar dari Kabupaten Induk Maluku Tenggara Barat. Kota Tiakur berada di Pulau Moa. Kabupaten Maluku Barat Daya terdiri dari beberapa Pulau Besar, Seperti, Pulau Wetar, Romang, Kisar, Damer, Moa,Lakor, Leti, Mdona Hiera,dan Babar. Setiap Pulau ini memiliki keunikan dan potensi ekonomiyang berbeda. Salah satunya Pulau Moa, Secara Geografis Pulau moa merupakan daerah Sabana, dimana banyak terdapat padang rumput dan diselingi beberapa pohon. Di Pulau ini juga terdapat Gunung Kerbau, yaitu sebutan untuk Gunung raksasa di Moa.


Gunung Kerbau menjadi Kekayaan tersendiri baik dari sektor Peternakan maupun pertanian bagi masyarakat. Di sektor peternakan, warga dapat beternak Kerbau, Sapi dan kambing dengan baik. hal ini didukung oleh landscape Pulau Moa berupa daerah padang rumput. Tidak heran jika kita berkunjung ke Pulau Moa, beberapa warga menggembala kerbau ratusan hingga ribuan Ekor. Penggembala ini tidak mengikat ternaknya, tetapi dibiarkan lepas untuk mencari makan.

Sektor peternakan di Pulau Moa ini akan sangat membantu ekonomi masyarakat, apabila ternak ini dapat dipasarkan ke luar propinsi Maluku, seperti Makasar, Kupang hingga ke Pulau Jawa dan Sumatera harga jual ternak dapat menjadi naik. Selama ini banyak para pembeli datang ke Pulau Moa berasal Makasar. Menurut Keterangan warga, para  pembeli ternak banyak datang dari makasar sebelum hari raya Haji. Selain di Pulau Moa, ternak Sapi, Kerbau dan Kamibing juga banyak terdapat di Pulau Wetar dan Kisar. Pulau Wetar merupakan pulau terbesar di Maluku Barat Daya.

Program Kapal Tol Laut yang sedang digalakkan pemerintah sangat membantu perekonomian warga, Tol laut dapat mengangkut Sembako dari Jawa Ke Indonesia Bagian Timur. Sebaliknya Hasil ternak dapat dipadarkan ke Pulau Jawa dan Sumatera atau ternak dari Indonesia Timur Ke Indonesia barat. Selain sektor Peternakan, Pariwisata juga potensial dikembangkan di Pulau Moa, yaitu Gunung Kerbau yang memiliki daya tarik tersendiri. jika dipandang dari jauh, gunung kerbau bagaikan Texas dan California di Amerika Serikat. Dengan memandang hamparan padang rumput yang luas, kita dapat menikmati suasana alam yang begitu indah, dan serasa seperti di luar negeri.
 Berikut ini video kerbau yang sedang digembala di Pulau Moa.

Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon