5 Juli 2018

Mengenal Pulau Luang Bersama Guru SM-3T, Kab. Maluku Barat Daya, Daerah Terluar Indonesia

Kabupaten Maluku Barat Daya, merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Maluku. Sebagai Daerah Terluar Indonesia yang berbatasan dengan Australia daerah ini sangat kaya akan potensi alam. Adapun potensi unggulan daerah ini adalah ikan dan rumput laut.
Guru SM3T merupakan guru yang dibekali oleh Kementerian Pendidikan untuk mendidik di darah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) Kabupaten MBD merupakan salah satu kategori terluar Indonesia. Sehingga Ada sekitar 40 tenaga pendidik yang diperbantukan di Kabupaten ini selama 1 tahun. Setelah itu guru SM3T ini akan Kembali ke LPTK asal untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). LPTK Universitas Negeri Surabaya merupakan rekan yang bertugas didarah ini selama 1 tahun
Berikut adalah potret beberapa aktifitas yang tidak semua guru dapat selama mengabdi di daerah 3T.
1. Potensi Ikan di Pulau Luang

Guru SM3T bersama warga memancing ikan
2. Potensi ikan di desa ini sangat menjanjikan. Sehingga sangat bagus dikembangkan usaha membuat ikan asin dan dapat dipasarkan ke luar daerah.

Beberapa hal yang mendorong potensi ikan didaerah ini adalah hamparan pantai dan terumbu karang yang begitu luas sepanjang pantai. Jika musim surut air laut tiba, maka ikan akan banyak kita jumpai di sekitar pantai. Laut dangkal yang dari bibir pantai hingga beberapa kilo meter ke dalam laut membuat ikan begitu banyak. Sehingga masyarakat di Pulau Luang ini begitu menikmati akan hasil ikan
Begitu juga dengan potensi akan rumput laut sangat melimpah, sehingga masyarakat banyak yang menekuni usaha ini. dalam satu minggu dapat menghasilkan beberapa ton rumput laut dari daerah ini.
3. Potensi Rumput Laut
Usaha Pengembangan Rumput Laut
4. Foto Bersama Siswa di Pulau Luang dengan view alam yang begitu indah

5. Guru SM3T sedang berfoto ria dengan para siswa di pantai yang begitu indah. Pulau Luang dapat dilihat dengan jelas dengan hamparan bibir pantai yang jauh menjulang ke tengah laut. Kondisi pantai ini hanya dapat kita nikmati di daerah ini.

6. Aktifitas Belajar mengajar di Salah satu sekolah Pulau Luang

7. Belajar di Rumah anak sekolah bersama guru SM3T

 8. Indahnya daerah sabana di Pulau Luang

 9. Para Guru SM3T mengolah ikan asin

 10. Senangnya Dapat ikan Besar

Pulau Luang sangat indah dan begitu potensial. Mari kita mengenal pulau luang dari sisi terluar Indonesia. 


















Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon