15 Februari 2017

Kala Guru SM-3T dan Alumni PPG SM-3T Mengabdi di Satu Sekolah

Tidak dipungkiri, program unggulan pemerintah yaitu Sarjana Mendidik Di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T) merupakan Calon Guru Masa Depan yang berpengaruh. Hal ini terbukti dari sistem rekrutmen melewati berbagai tahapan dengan peminat yang banyak. Setelah itu mengabdi di daerah 3T selama setahun, dan akan mendapatkan beasiswa penuh Pendidikan Profesi Guru. 
Guru SM-3T dengan Alumni PPG SM-3T di SMA N 1 Pagai Selatan, Mentawai.
Pemerintah telah menetapkan standar untuk menjadi tenaga pendidik di Indonesia, yaitu harus melalui sertifikasi. Yaitu dengan mengikuti Pendidikan Profesi Guru bagi para Sarjana Pendidik. Hal ini sejalan dengan amanat UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen. Dimana para guru dan dosen diwajibkan mengikuti sertifikasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kulaitas pendidikan di Indonesia. Sehingga 20 hingga 30 tahun kedepan Indonesia akan mengalami bonus demografi. 
Siswa/i SMA N 1 Pagai Selatan, Kab. Kep Mentawai
Fakta di Indonesia yaitu walaupun sudah sertifikasi, tetapi banyak para guru Allumni PPG SM-3T yang menganggur bahkan cari kerja tidak sesuai dengan bidangnya. Hal ini sangat bertentangan dengan UU. Dimana UU mewajibkan guru disertifikasi, nyatanya malah yang tidak sertifikasi yang mendapat peluang. Sementara yang sudah sertifikasi tidak dapat jam mengajar. Semoga ketimpangan ini dapat segera diatasi oleh pemerintah.

Beda dengan Dinas Kesehatan, yang dapat merekrut para tenaga medis untuk dapat mengabdi di pedalaman, walaupun kontrak darah. Sementara di Dinas Pendidikan sangat terbatas untuk diangkat mengangkat tenaga kontrak. 

Namun ada hal unik dari program SM-3T ini, dimana antara Peserta SM-3T dan Alumni PPG SM-3T sama-sama mengabdi di salah satu sekolah negeri. Yaitu SMA N 1 Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kabupaten ini merupakan salah satu sasaran program SM-3T demi mempercepat ketertinggalan pendidikan di Mentawai. Yaitu peserta dari LPTK (Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dari Universitas Negeri Medan disebar mengabdi di berbagai sekolah pelosok,  dan sama mengabdi dengan Peserta PPG SM-3T LPTK Universitas Negeri Padang. 
Jaringan Internet di Sekolah
Sama-sama mengabdi ditengah keterbatasan sarana dan prasarana merupakan suatu hal yang biasa dilalui peserta SM-3T. Saat ini telah dibangun jaringan internet ditiap sekolah dan desa, hal ini merupakan suatu kemajuan dan terobosan luar biasa dari pemerintah. dengan adanya internet desa dan sekolah, para guru, siswa dan masyarakat melek ingormasi dari desa. Dan internet ini dapat menjadi media untuk mempromosikan potensi desa masing-masing. Dengan sama-sama mengabdi, maka akan meningkatkan kualitas Pendidikan di daerah sasaran. Begitu juga dengan visi dan missi SM-3T untuk Mencerdaskan Indonesia. Guru SM-3T harus rela mendidik dengan model dan media pembelajaran berbasis alam sekitar. 

Leo Randus Saragih, S.Pd, Gr merupakan alumni SM-3T yang sama mengabdi dengan SM-3T angkatan 6. Suasana baru muncul karena sesama program akan saling membantu. Walaupun guru professional tetapi tetap sukarela. Yaitu rela tidak diberikan gaji dan tunjangan setifikasi.  Maka dengan kebersamaan antara para peserta didik dan guru, sekolah menjadi lebih kompak dan nyaman. SMA N 1 Pagai Selatan merupakan sekolah yang baru dibangun. Dimana para guru dan gedung masih diberdayakan dari SMP N 2 Pagai Selatan. Dengan memasuki 2 shift proses belajar mengajar.
  
Dengan berinteraksi dengan siswa dan para guru, akan menikmati proses belajar di sekolah. Oleh sebab itu para guru yang mengajar di SMA N 1 Pagai Selata  tetap menjaga kekompakan. Saling melengkapi dalam menjalankan tugas yang diamanahkan oleh pemerintah dan masyarakat. 

Sebagai alumni PPG SM-3T maka harus memberikan contoh bagi para guru, siswa maupun masyarakat. Sehingga terjalin proses belajar dilingkungan yang mendukung. Kiranya pendidikan di Indonesia akan maju ditangan para guru yang provisional dan visioner.

Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon