22 Maret 2017

Komoditas Jeruk Lokal di Desa Sihubu Raya, Kabupaten Simalungun

Kecamatan Raya merupakan kecamatan terbesar dan terluas di Kabupaten Simalungun. Kecamatan ini memiliki luas 328,50 Km2, dengan letak geografis sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Raya Kahean dan Kecamatan Silou Kahean, sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Dolok Pardamean, sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Purba dan Kecamatan Dolok Silou, dan sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Panombeian Panei.
Kebun Jeruk Pak Saragih di Dusun Kampung Melayu, Desa Sihubu Raya
Kecamatan Raya merupakan daerah pertanian, dengan lahan pertanian sawah dan non sawah yang cukup luas, dapat ditempuh ± 30 Km dari kota Pematangsiantar, dan Ibukota Kabupaten Simalungun berada di kecamatan ini, tepatnya di Pematang Raya.
Desa Sihubu Raya, merupakan salah satu desa yang baru mekar di Simalungun. Desa ini terdiri dari 4 dusun, yaitu Dusun Sihubu, Kampung Melayu, Buttu Bartong dan Padang Bulan. Semua penduduk di desa ini adalah petani. Dengan lahan yang subur, masyarakat bertani di sawah dan kebun. Komoditas unggulan di desa ini adalah padi sawah, jagung, cane, jahe, kunyit, cokelat, pisang, jeruk dan kopi ateng. Setiap hari semua masyarakat sibuk dengan bertani.
Kebun jeruk merupakan komoditas yang dikembangkan sebagian masyarakat. Dengan perawatan yang baik maka, setiap sekali seminggu dapat dipanen. Namun hingga saat ini masyarakat masih mengeluh karena hama yang membuat buah jeruk berguguran.


Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon