24 Maret 2017

Pesona Danau Tihu, Pulau Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya

Mengenal daerah lain adalah hal yang menarik bagi setiap masyarakat. baik itu dari segi budaya dan alamnya. Dengan kekhasan alam yang berbeda maka dapat mengembangkan wawasan dan kecintaan terhadap budaya Indonesia yang heterogen.

Kabupaten Maluku Barat daya adalah salah satu kabupaten di Propinsi Maluku. Berada di barat daya Maluku dan berbatasan dengan Negara Timor Leste. Kabupaten ini menyimpan kekhasan alam yang khas, baik dari segi budaya dan alam. Oleh sebab itu bagi para wisatawan yang hendak berkunjung dapan meluangkan waktu di Pulau Wetar.

Pulau Wetar yang kaya akan Bahan Tambang, tetapi di tengah pulau ini terdapat Danau yang penuh misteri.  Yaitu danau Tihu, danau ini sanngat unik dengan terdapatnya pulau di tengah danau, yang disebut danau Tihu.

Danau Tihu di Pulau Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya

Air danau ini begitu jernih dengan landscape pegunungan di sekelilingnya. Konon Katanya di danau ini banyak terdapat Buaya. 
Danau Tihu Penuh Legenda
Menurut Keterangan Nenek Moyang pulau wetar bahwa danau ini penuh mistik.
Danau Tihu dengan pulau ditengah yang disebut Pulau Ibu.
Danau Tihu dari hulu, dengan air yang tenang
Untuk lebih mengenal daerah ini dapat melihat peta dibawah ini:
Kabupaten Maluku Barat Daya, merupakan Kepulauan dengan kondisi alam yang unik setiap pulau. Pada Peta diatas dapat kita perhatikan Pulau Wetar. 
Pada Peta Pulau Wetar dapat kita perhatikan Danau Tihu tepat ditengah Pulau Wetar Tersebut. Akses ke danau tihu dapat melalui Desa Lurang dan Ilwaki. 

Jika berkunjung ke Kabupaten ini dapat melalui Kota Kupang, maupun Ambon. Jika dari Kupang maka naik kapal Perintis di pelabuhan tenau.Masyarakat yang ramah dan budaya yang unik akan membuat hati kita tetap tertarik berkunjung ke daerah ini. 
Wajar jika julukan daerah ini adalah Ambon Manise....

Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon