6 Maret 2017

Sikerei dan Petugas Medis, Perpaduan Obat Tradisional dan Modern

Sikerei merupakan istilah dukun di Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan dapat mengobati yang sakit dengan cara tradisional. Sikerei ini berdomisili di Pulau Siberut, dan hanya di Pulau ini kita dapat menemui Sikerei. Tidak semua lokasi dapat kita temui sikerei, tetapi di pedesaan khusus para sikerei berdomisili. 

Sikerei memadukan Budaya Tradisional dengan Petugas Medis
Budaya Sikerei merupakan warisan budaya yang dipertahankan eksistensinya oleh pemerintah. Banyak para peneliti dan antropolog mengkaji kehidupan dan budaya sikerei di Mentawai ini. Bahkan Bumi Sikerei Merupakan istilah dari Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Sikerei bersama Petugas Medis
Tetapi saat ini dengan adanya pengaruh budaya global, para sikerei juga dapat berinteraksi dengan dunia modern. Bahkan para sikerei memeriksa kesehatan sama petugas medis. Contohnya kejadian di desa Mailepet (Siberut) sikerei bersama para petugas kesehatan memeriksa kesehatan tanpa menghilangkan kearifan lokal sikerei itu sendiri. 
Petugas Medis Memeriksa Kesehatan Sikerei

Ramuan Tradisional Sikerei

Petugas Medus Memeriksa Kesehatan Sikerei
 Inilah keistimewaan yang ada di Mentawai, Selain Alam yang indah maka terdapat juga warisan Budaya yang unik. Jika mau ketemu dengan sikerei maka datanglah ke Pulau Siberut. Dari Padang dapat menggunakan Kapal cepat dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam.

Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon