3 Oktober 2016

Public Speaking PPG SM-3T UNP, " Genggam Dunia Melalui Seni Berbicara".



Berbicara di muka umum adalah kemampuan yang sangat penting dimiliki semua orang tanpa kecuali,  karena sangat dibutuhkan oleh siapapun. Ketrampilan ini tidak berkaitan dengan profesi tertentu saja. Karena setiap profesi membutuhkan kompetensi berupa kemampuan berbicara di depan umum, untuk mengembangkan eksistensi dan wawasannya. Diera kompetisi yang serba cepat seperti sekarang, semua profesi menuntut kita untuk dapat berbicara di muka umum seperti dalam hal melakukan presentasi, pidato, menjadi pembawa acara dan lain sebagainya.

Banyak anggapan, bahwa seolah-olah kemampuan berbicara di muka umum adalah sebuah bakat seseorang. Tetapi pada kenyataannya, Kemampuan berbicara dimuka umum ini dapat dipelajari oleh setiap orang. Persiapan, wawasan dan latihan adalah kunci dalam kesuksesan sebagai Pewara.
Program PPG adalah program pendidikan pra jabatan sebagai sertifikasi profesi jabatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Sesuai dengan kebijakan pemerintah bahwa mulai tahun 2016, guru akan dinilai sesuai dengan profesi jabatan yang mereka emban berdasar profesinya sebagai tenaga pendidik profesional.

Sebagai seorang Guru yang profesional maka guru harus mempunyai kemampuan berkomunikasi efektif,  percayaan diri , dan mengolah suara  menjadi lebih ekspresif, sehingga pembelajaran di sekolah dapat menjadi Pembelajaran Aktif, Inovatif,  Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Guru dituntut supaya dapat mengelola kelas dengan baik, sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami pelajaran yang diberikan oleh guru.

Melalui Divisi Jurnalistik, Program Pendidikan Profesi Guru SM-3T Universitas Negeri Padang mengadakan kegiatan Seminar Public Speaking dengan tema “ Genggam Dunia Melalui Seni Berbicara.” Pada Hari Sabtu, 01 Oktober 2016 Seminar  diadakan di Aula Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP. Pemateri dalam seminar ini adalah Dra. Ermawati Arief, M.Pd dan Mikel Muhammad, S. E. Dihadiri oleh oleh seluruh peserta PPG SM-3T Universitas Negeri Padang. Kegiatan berjalan dengan lancar dan selama kegiatan terjadi interaksi antara Pemateri dengan peserta seminar.

Menurut Pemateri Dra. Ermawati Arief, M.Pd yang juga Dosen Jurusan Bahasa Indonesia, menjelaskan bahwa seorang pewara harus memiliki tiga kemampuan Utama, yaitu:
1. Kompetensi Sosial
Yaitu kompentensi yang harus diperoleh seseorang dalam berinteraksi dengan sesama baik di lingkungan Formal maupun Informal.
2. Kompetensi Vokal
seorang pewara harus mampu mengolah kata-kata dengan baik. Dengan suara yang jelas, tegas dan enak didengar sangat mempengaruhi keberhasilan seoarng pewara.
3. Kemampuan Semantik
yaitu kemampuan untuk memepergunakan kata-kata dengan tepat dan penuh dengan pengertian. Untuk memperoleh kemampuan semantik maka kita harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai makna-makna yang terkandung dalam kata-kata serta ketetapan dan kepraktisan dalam penggunaan kata.
Beberapa hal penting yang diperhatikan seorang Pewara (Pembawa acara) dalam membawa acara resmi atau setengah resmi adalah penguasaan sikap, penampilan fisik yang menarik, berwawasan luas dan memiliki suara (pleasing) yang bagus. 

Demikian juga paparan pemateri yang ke dua Mikel Muhammad, S.E yang menekankan keberhasilah dalam membawa acara adalah jangan takut mencoba walaupun salah,  tetap berusaha menjadi yang terbaik. Pemateri mempraktekkan langsung pada peserta bagaimana seorang pewara dalam suatu Seminar. Setelah pemateri kedua selesai, maka dilanjutkan dengan pembagian medali dalam kegaiatan Pekan Olahraga PPG SM-3T. Kegiatan berlangsung sukses hingga akhir kegiatan. 

Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon