16 Oktober 2016

Sungguh Indah Panorama Alam di Pulau Mentawai

Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini Terletak sekitar 150 KM dari Pulau Sumatera. Nama Kabupaten Kepulawan Mentawai sudah terkenal sampai ke Mancanegara. Terdapat 4 Pulau besar di Kabupaten ini yaitu Pulau Pagai Selatan, Pagai Utara, Sipora dan Siberut dengan Ibukota di Tuapejat Pulau Sipora.

Salah satu daya tarik dari Mentawai adalah Ombaknya yang khas, dan menggoda para peselancar untuk berkunjung ke daerah ini. Mentawai merupaka suatu surga bagi para penikmat peselancaar. Wisatawan Mancanegara umumnya banyak berkunjung pada bulan April Hingga Oktober, dimana pada bulan ini ombak bisa mencapai ketingian 6 meter.Terdapat kurang lebih 400 titik selancar yang sering digunakan para surfer. Tidak heran sering diadakan turnamen selancar Internasional di Mentawai ini. Menteri Pariwisata Arif Yahya menginisiasi diadakan Festifal Mentawai setiap tahun dan mengundang para peselancar untuk datang ke Mentawai.
Pengunjung sedang menikmati suasana pantai di Macaroni Resort, Pagai Utara
Di Pagai Utara terdapat sebuah Resort yang bagus untuk dijadikan berlibur yaitu Macaroni Resort. Banyak tamu yang berkunjung ke daerah ini. Dengan Keindahan pantai, ombak dan pulau-pulau disekitarnya membuat mentawai begitu indah, nyaman dan unik.
Di Pulau Sipora juga terdapat spot surfing berkelas internasional yaitu Hollow Trees dan Lances Left. Sedangkan di Siberut spot selancar terdapat di Nyanyang, Karang Bajat, Mainuk. Sedangkan di Pulau sipora ada titik selancar yaitu Katiet, dan di Pagai Utara dan Selatan , banyak terdapat Resort yang bagus untuk liburan baik bagi wisatawan Domestik maupun mancanegara. Selain keindahan ombak, hutan bakau dimentawai juga begitu indah. Sehingga banyak terdapat biota-biota laut di daerah hutan bakau ini.
Salah Satu Resort di Mentawai
Selain titik selancar yang bagus, ada hal uni lainnya, yaitu Kepiting Mentawai atau masyarakat mentawai menyebut Anggau. Anggau ini muncul ke permukaan pada waktu bulan Purnama. biasanya jika musim anggau masyarakat datang ke pantai bersama-sama untuk menangkap anggau, hal ini menjadi suatu tradisi bagi masyarakat. Masyarakat biasanya memasak anggau dengan menggulai. Selain itu anggau enak juga dimasak dengan ditumis. Anggau atau kepiting mentawai ini rasanya enak, dan mengandung protein yang tinggi.
Salah Satu Kepiting Khas dari Mentawai (Anggau)
Biasanya masyarakat memasak masakan tradisional yang disebut Subbet untuk dimakan dengan anggau. Subbet adalah masakan khas dari mentawai, terbuat dari keladi (Sikobou) dan pisang. Keladi Mentawai (sikobou) sangat unik, yaitu dengan rasanya yang enak bahkan agak legit dan wangi. Keladi ini menjadi primadona masyarakat untuk setiap acara adat. Bahkan keladi mentawai juga sangat gurih jika digoreng. Jika di Ambon dan papua ada Papeda yang terkenal maka di Mentawai ada Subbet, yang memiliki citra rasa yang unik.
Selai itu terdapat juga budaya khas dari mentawai, yaitu Sikerei. Sikerei merupakan sebutan untuk dukun tradisional mentawai yang dapat mengobati masyarakat yang sakit. Sikerei banyak kita jumpai di Pulau Siberut.
Sikerei yang dipercaya dapat mengobati masyarakat yang sakit
Selain Anggau, terdapat juga Lobster, Kepiting Bakau, Udang Kelong, dan berbagai jenis ikan laut yang segar dan bernilai ekonomis tinggi.
Indahnya Salah Satu Pantai dan laut yang jernih di Mentawai
Jika berkunjung ke Mentwai dapat menggunakan Pesawat jenis Sushi Air di bandara Rokot terletak di Pulau Sipora, dengan Kapal Cepat dapat ditempuh dengan waktu 3 – 4 jam. Sedangkan dengan kapal ferry waktu tempuh sekitar 10 jam. Rute Kapl laut yaitu ke Sikakap (Pagai), Tuapejat (Sipora) dan Siberut. Keindahan Alam dan Spot Surfing Mentawai dapat dilihat pada link Aloita Surf Resort

Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon