20 Desember 2016

Adiwiyata SMA N 8 Padang dan Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan

Selama mengikuti Praktek Lapangan PPG SM-3T Universitas Negeri Padang, maka salah satu sekolah mitra Praktek Lapangan adalah SMA N 8 Padang. Sekolah yang beralamat di Jln. Adinegoro Km.18 Kayu Kalek, Padang ini begitu unik. Pertama sekali saya menginjakkan kaki di sekolah ini, begitu terasa suasana asri, dengan lingkungan yang hijau, bunga yang indah, penuh warna, dan pohon rindang.
Foto Bersama  Disela Kunjungan Dosen Pembimbing Prof. Syafri Anwar, M.Pd beserta Kepala Sekolah, Guru Pamong dan Mahasiswa PL di SMA N 8 Padang
Jauh dari kebisingan lalu lalang kendaraan membuat suasana belajar di sekolah ini begitu nyaman. Di sebelah sekolah ini ada SMP Negeri yang juga asri. Di luar areal sekolah kita dapat melihat suasana kegiatan pertanian yaitu sawah dengan padi yang sudah menghijau begitu alami.
Foto Guru PPL PPG SM-3T dengan Peserta Didik
SMA N 8 Padang yang menerapkan Adiwiyata ini, begitu berkomitmen dalam pembinaan pendidikan karakter yang cinta lingkungan terhadap peserta didik. dan dalam proses belajar mengajar, peserta didik begitu menikmati suasana lingkungan sekolah. Dapat kita lihat dari pekarangan sekolah yang hijau, setiap lokal dilengkapi dengan pot bunga yang begitu indah dan kreatif. Selain bunga yang corak dan warna yang indah, disekolah ini dapat kita amati berbagai tanaman obat-obatan seperti buah mengkudu. 
Begitu juga dengan tanaman berupa bumbu masak, yang mengadopsi kearifan lokal masyarakat. Tanaman khusus buah-buahan juga punya tempat tersendiri yang diatur sedemikian rupa. Sehingga suasana lingkungan sekolah begitu indah, dan lingkungan sekitar dapat memberikan makna keindahan lingkungan.
Kesadaran akan lingkungan di SMA N 8 Padang ini akan menciptakan kesadaran akan lingkungan bagi peserta didik yang sejalan dengan prinsip Sustainable Development Goals atau pembangunan berkelanjutan. Uniknya di sekolah ini, antara pihak sekolah dengan masyarakat saling mendukung. Hal ini dapat terlihat dengan keaktifan masyarakat dan orang tua peserta didik dalam menjalankan program adiwiyata sekolah. 

Bahkan untuk menciptakan suasana lebih indah dan sejuk, pihak sekolah mengadakan perlombaab kelas yang sejuk dan kreatif. Program paguyuban dengan orang tua peserta didik, dimana program ini mengikut sertakan peran orang tua dalam mendukung suasana ruangan kelas yang kondusif dan nyaman belajar bagi para peserta didik.
Taman yang begitu hijau dan asri
Kedepannya program sekolah adalah bagaimana setiap warga sekolah mampu memperdalam dan memperluas segala hal yang berkaitan dengan pendidikan karakter, baik di kelas, luar kelas, di sekolah maupun diluar sekolah.
Adapun tujuan pendidikan karakter yang dicanangkan pemerintah adalah untuk membangun nilai kebangsaan, religious, gotong royong, kemandirian, dan integritas secara masif.

Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon