4 Desember 2016

Pentas Seni Pendidikan Profesi Guru Angkatan IV UNP, Sinergi Seni dan Abdi dalam Khasanah Budaya Bangsa

Acara Pensi yang digelar di Teater Tertutup Fakultas Bahasa  dan Seni oleh Peserta PPG SM-3T angkatan 4 2016 diselenggarakan pada hari sabtu 3 Desember 2016, dengan tema “Sinergi Seni dan Abdi dalam Khasanah Budaya Bangsa”. Kegiatan Pensi ini merupakan agenda rutin yang diadakan oleh LPTK UNP sebagai salah satu penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru Berasrama.
Sambutan Pengelola PPG UNP, Dr. Erizal Gani, M.Pd
Peserta PPG UNP terdiri dari 9 Jurusan, Yaitu Jurusan Geografi, PKN, PGSD, PGPAUD, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Penjaskes, Biologi dan Fisika dengan total 164 peserta. Dengan berbagai jurusan, masing-masing jurusan menampilkan kreatifitasnya untuk mengisi acara .

Nah hal yang unik ditampilkan di pensi PPG UNP 2016 ini adalah, Penampilan tarian khas daerah yang berasal dari daerah SM-3T peserta PPG 2016. Dimana 1 tahun sebelum PPG, seluruh peserta terlebih dahulu mengabdi di Daerah 3T (Terdepan, terluar dan tertinggal).

Rangkaian kegiatan pensi ini menampilkan tarian mulai dari Sabang sampai Merauke, yaitu  Tari Pasambahan, Tari Saman, Tari Papua, Tari Rantak, Tari Payung, Tari Ende, Tari Piring, Randai, Tari Dayak, Tari Maluku, serta Solo Song, Vocal Group, Drama musical, PPG Idon dan Duta PPG.
Hal ini merupakan suatu kekayaan Budaya Indonesia  yang harus dipertahankan ditengah arus Globalisasi dan Kemajuan IPTEK saat ini. 

Dalam sambutannya ketua Pengelola PPG UNP yang diwakili Dr. Erizal Gani, M.Pd menyatakan bahwa Pensi ini adalah ekspresi  diri, minat seni, persaudaraan dan persatuan. Dimana setiap pribadi peserta memiliki bakat dan minat masing-masing yang di kemas dalam suatu wadah Pensi, sehingga terjalin Keakraban, dan Nilai-nilai Kesatuan.

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor UNP yang diwakili oleh Drs. Wiliardi Rasyid, M.Pd , Bahwa Kegiatan Pensi ini wadah mengekspresikan nilai-nilai seni bagi para peserta PPG SM-3T UNP. Dan seminggu sebelum Pensi telah diadakan Outbon PPG di Anai Resort, yaitu hiburan dan rekreasi ditengah kesibukan  PPL selama 3 bulan. Dengan adanya Outbond dan Pensi ini, peserta PPG dapat rileks menjelang UTN pada 10 November. Dan sekalian membuka secara resmi acara Pensi PPG UNP 2016.



Dengan diselenggarakannya pensi ini dapat menumbuhkan rasa Nasionalisme, dan mempererat persatuan ditengah keberagaman Budaya Bangsa terkhusus bagi para Peserta PPG SM-3T yang kelak menjadi Guru di pelosok Nusantara. 

Berikut salah satu Penampilan Tairan Maluku "Toki Gaba-Gaba" yang ditampilkan Peserta SM-3T Penempatan Kabupaten Maluku Barat Daya. Klik Disisni

Terima kasih atas kunjungannya di blog "IDsaragih.com". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.
EmoticonEmoticon